Rabu, 24 Juni 2020

Tips Memilih Beras yang Berkualitas


Tips Memilih Beras yang Berkualitas - Beras adalah makanan pokok yang biasanya dikonsumsi oleh orang-orang di banyak negara. Tidak ada beberapa jenis beras di pasaran. Kualitas beras antara berbagai jenis memiliki standar yang berbeda.

Karena itu, Anda harus selektif dengan memilih beras yang berkualitas karena beras dengan kualitas unggul tidak hanya baik untuk dikonsumsi tetapi juga baik untuk kesehatan. Berapa harga beras 1 kg? harga kisaran beras 1 kg sekitar 10.000.

Tips Memilih Beras yang Berkualitas, Baik dan Sehat
Mendapatkan beras berbobot berkualitas tidak mudah. Selain itu, memisahkan beras mana yang mengandung pemutih dan mana yang aman untuk dikonsumsi. Banyak hal yang perlu diperhatikan. Mulai dari tekstur, bau, warna, dan sebagainya. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mendapatkan beras yang berkualitas dan sehat.

Tips Memilih Beras yang Berkualitas

Perhatikan Warna Nasi
Tip pertama yang harus diabaikan ketika memilih beras yang berkualitas adalah memperhatikan warna beras. Menimbang bahwa saat ini tidak ada sedikit nasi yang dicampur dengan begitu banyak pemutih. Jadi dengarkan warna beras yang paling penting sehingga Anda menemukan beras yang sehat. Kualitas berasnya tidak terlalu putih. Karena bisa menjadi warna beras yang memiliki kandungan pemutih, Anda harus memilih warna beras yang memiliki warna cerah dengan tidak banyak kekuningan.

Perhatikan Tekstur Nasi
Cara berikutnya untuk memilih nasi adalah mendengarkan tekstur nasi. Dari tekstur nasi, Anda bisa melihat apakah nasi itu benar atau tidak. Beras berkualitas memiliki tekstur yang kuat dan tidak mudah pecah saat ditekan.

Di sisi lain, beras yang bila ditekan mudah dihancurkan menunjukkan bahwa beras tersebut tidak layak untuk dikonsumsi. Karena itu, pilihlah beras yang kuat dan kokoh dengan teknik menekan sampel dari beras yang ada.

Pilih Nasi yang Tidak Lengket Saat Diperas
Berbagai tip yang tak kalah mendesak untuk dipertimbangkan untuk mendapatkan beras sehat adalah memastikan bahwa nasi tidak lengket saat diperas. Pegangan nasi ke tangan ketika ditekan menunjukkan bahwa beras tersebut memiliki kandungan pelumas. Pelumas dalam produk beras harus dihindari sebanyak mungkin. Ini karena ramuannya tidak baik untuk kesehatan dan dapat menyebabkan masalah pada tubuh seseorang.

Bagaimana Tips Memilih Beras yang Berkualitas?

Perhatikan Penampilan Nasi
Teknik untuk memilih beras berkualitas kemudian mengamati model pada beras. Caranya adalah dengan memeriksa butiran beras. Dengan teknik ini, Anda dapat melihat apakah beras merupakan produk beras baru atau lama.

Perhatikan baik-baik tekstur dan penampilan nasi jika tekstur nasi memiliki tekstur nasi tinggi atau tidak. Selain itu, lihat apakah ada jejak di tangan kita suka tepung atau tidak. Jika kedua tanda itu ada, itu menandakan bahwa beras sudah tua.

Pastikan Nasi Tidak Mengandung Kutu
Selain banyak tips yang telah dibaca di atas, Anda juga harus memastikan bahwa beras yang kita beli tidak memiliki kutu di dalamnya. Secara umum, beras yang mengandung kutu menunjukkan bahwa beras sudah tua. Dan beras tua tentu saja tidak bersih dan tidak cukup baik untuk kesehatan.
Namun, bahkan beras kualitas nyata pun memiliki sisi positif. Karena tidak memiliki bahan atau bahan kimia. Ada saat-saat ketika jenis-jenis beras baru terserang karena terkontaminasi oleh beras lama. Itulah pembahasan mengenai tips memilih beras yang berkualitas, semoga artikel ini bermanfaat.