Selasa, 22 Oktober 2019

Mudahnya Lelang Kendaraan Secara online Melalui Aplikasi IBID

Bersamaan dengan TRAC To Go dan Mobil88 e-store, PT Serasi Autoraya juga meluncurkan aplikasi terbaru IBID Live Action. Hadirnya aplikasi lelang kendaraan tersebut sebagai salah satu jawaban tantangan pasar yang kini mulai memprioritaskan pemasaran produk berbasis online.

Sesuai fungsinya, IBID Live Action hadir untuk mempermudah peserta lelang mencari produk yang mereka inginkan secara online. Tanpa mengesampingkan sistem offline atau bertemu langsung, lelang via online diyakini dapat memperluas jangkauan peserta untuk ikut berpartisipasi dimanapun lokasinya.

Mudahnya Lelang Kendaraan Secara online Melalui Aplikasi IBID

Fitur-fitur Aplikasi IBID Live Action
Diluncurkannya aplikasi IBID Live Action sendiri juga bentuk dari respon dari trend konsumen yang mengedepankan akses informasi via online menggunakan ponsel pintar. Tujuannya tentu saja supaya keikutsertaan lelang lebih mudah dan praktis karena bisa diakses melalui smartphone secara real-time.

Melalui website maupun aplikasi ini peserta yang mengikuti lelang mobil online bisa melakukan bidding bersama peserta lain yang hadir lanngsung di lokasi. Cara ini populer dengan sebutan floor bidding.

Dalam website dan aplikasi ini ada juga fitur beli Nomor Peserta Lelang (NPL) secara online. Ada juga fitur real-time notification atau tracking transaction process, dan fitur menyimpan favorit.

Tata Cara Lelang Online via Website dan Aplikasi IBID Live Action
Cara lelang, jadwal lelang, melihat objek lelang, atau informasi kualitas mobil lelang bisa langsung ke website IBID. Begini tata cara lelang online di IBID selengkapnya:

  • Setelah masuk ke website silakan login, bagi yang belum punya akun silakan lakukan registrasi terlebih dulu.
  • Jika ingin mengikuti lelang silakan membeli Nomor Peserta Lelang (NPL). Harus diketahui bahwa satu NPL hanya untuk menawar satu objek, tidak bisa untuk menawar objek lelang lainnya.
  • Khusus lelang mobil, untuk penawaran lelang mobil wajib menyetorkan uang jaminan sejumlah Rp 5 juta dan Rp 1 juta untuk motor. Jika peserta tidak mendapatkan objek yang dinginkan (kalah dalam proses lelang) uang jaminan dikembalikan 100 persen.
  • Lakukan penawaran dengan cara meng-klik tombol “Tawar” yang ada di website.
  • Apabila peserta menang lelang maka wajib melakukan pelunasan maksimal 3 hari dari berakhirnya waktu lelang. Bagi peserta yang kalah lelang, pengembalian uang jaminan dari pembelian NPL maksimal 1 hari setelah berakhirnya lelang. 
  • Jika pemenang lelang melakukan pelunasan saat lelang berakhir, peserta bisa mengambil objek lelang di hari yang sama, lengkap dengan dokumen-dokumennya.

Cek Objek Lelang Secara Online
Hadirnya aplikasi IBID Live Action membawa keuntungan dari berbagai sisi. Tak hanya melakukan penawaran secara online namun peserta juga bisa melihat fisik objek lelang menggunakan aplikasi tersebut.

Dulu untuk melihat dan memastikan kondisi objek lelang peserta harus datang di lokasi minimal H-3. Sekarang melalui aplikasi IBID kondisi objek bisa diketahui tanpa harus mengorbankan waktu ke lokasi lelang.

Misalnya peserta ingin ikut berpartisipasi dalam lelang mobil, aplikasi IBID secara detail akan menampilkan spesifikasi dan data-data mobil yang diincar.  Spesifikasi dan data yang dimaksud seperti merk mobil, tahuan pembuatan, status pajak, kondisi eksterior dan interior, atau hal-hal lain yang berkaitan dengan kondisi mobil.

Proses lelang di IBID sangat aman karena dilakukan secara transparan dan terbuka juga dihadiri pejabat penting negara dari Dirjen Kekayaan Negara, Kementerian Keuangan. Jadi tidak ada rekayasa atau hal-hal lain yang merugikan peserta lelang.

Unduh aplikasi IBID Live Action atau kunjungi website IBID untuk ikut lelang atau registrasi.